Pemagangan Jepang Pasca Gempa & Tsunami

Sampai sekarang dampak becana gempa dan tsunami masih dirasakan khususnya  oleh warga Jepang yang berada di lokasi tersebut. Meskipun begitu pemerintah dan warga Jepang tidak terlarut dalam duka dan kesedihan. Seluruh elemen negeri sakura tersebut bahu membahu dengan segala potensinya berusaha melakukan tindakan konkrit untuk recovery. Direncanakan untuk recovery memerlukan waktu 5 tahun. Melihat pengalaman bangsa Jepang dalam mengatasi gempa di Kobe tahun 1994 kita percaya bencana saat ini bisa diatasi sesuai rencana.

Dalam rangka recovery tersebut salah satu elemen penting adalah ketersediaan SDM untuk pembangunan infrastuktur yang rusak, industri yang lumpuh, tempat tinggal dll. Dalam hal ini program pemagangan Jepang memiliki peran penting.

LPK HIRO yang selama ini berperan aktif dalam mensuport program pemagangan Jepang, telah mendapat informasi mengenai perkiraan volume peserta magang jepang di bidang konstruksi.

Fenomena lain yang terjadi di Jepang adalah karena suatu hal tenaga magang dari China pulang secara besar -besaran. Untuk mengatasi hal tersebut Jepang mengalihkan perekrutan peserta magang dari Indonesia. LPK HIRO kebanjiran order untuk menyiapkan calon peserta magang.

Untuk mengantisipasi perekrutan secara mendadak LPK HIRO membuka perekrutan diklat bahasa Jepang dengan sistem one day service. Peserta yang telah menjadi peserta didik sewaktu-waktu datang job order bisa langsung ikut seleksi, tidak perlu menunggu sampai diklat selesai.

Untuk membantu kemudahan peserta dalam mengikuti program magang LPK HIRO memberikan fasilitas dalam pembiayaan. Biaya magang bisa diselesaikan setelah peserta tiba ke Jepang. Berarti orang yang tidak memiliki biayapun bisa magang ke Jepang. Yang terpenting motivasi yang kuat, niat baik dan dukungan keluarga terutama orang tua.Selamat datang ke LPK HIRO. (d_exjp)

Comments are closed.